About Me

Foto Saya
Aris Achdiyat
Pgn tw saya?? ke sini aja, kita ngopi bareng sambil ngobrol, hehehe :)
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Nilai Mahar

Selasa, 30 Juni 2009

Banyak rekan yang bertanya pada saya, bagaimana sih cara menghadapi serta menghindari gangguan setan?? Setan disini bentuknya luas, setan ini bisa dimaksud pada setan berbentuk jin (hantu, siluman, dll) serta setan bentuk manusia (manusia yang menyeru pada keburukan).


Untuk menghadapi setan berbentuk jin sebenarnya yang diperlukan hanya satu, yaitu keyakinan pada Allah SWT yang ujungnya akan melahirkan keberanian. Maksudnya begini, bila tak ingin kita diganggu hantu cara paling ampuh adalah dengan keberanian kita yang tentu saja keberanian ini timbul karena keyakinan kita pada Allah SWT, jadi bukan keberanian yang takabur, jadi kita berani karena Allah SWT dan memasrahkan segala sesuatu karena Allah. Dengan sikap seperti itu, niscaya jin dalam bentuk hantu tak akan mau mengganggu kita.


Saya beri analogi sederhana, ceritannya ada seorang laki-laki suka pada seorang perempuan dan ingin menjadikan perempuan itu sebagai kekasihnya. Tentu dia melakukan “PDKT” J nah, bila hasil PDKT itu cukup menjanjikan, maka tentu laki-laki tersebut akan yakin untuk menyatakan rasa cintanya. Tapi sebaliknya, bila perempuan tersebut tidak member jalan (cuek) tentu si laki-laki itu akan berpikir ulang atau malah pada akhirnya berhenti mengejar perempuan tersebut. Sama juga seperti jin yang hendak mengganggu, tentu jin tersebut baru mengganggu bila dia sudah merasa anda akan takut padanya, sebaliknya bila anda berani dan menunjukkan keberanian anda, tentu dia juga akan berpirkir dua kali untukmengganguanda, pertimbangannya, tentu percuma menakuti orang yang tidak takut, betul??


Sementara itu, setan dalam bentuk manusia pun bisa kita hindari dengan keteguhan iman serta sikap istiqamah dan selalu bersandar pada Allah SWT. Sama dengan analogi diatas tadi, tentu setan manusia pun akan berpikir dua kali bila akan mempengaruhi orang yang memiliki keteguhan iman.


Nah sekarang, dibawah ini saya akan memaparkan 10 cara praktis untuk mengamankan diri kita dari gangguan jin. Bila kesepuluh cara ini dimalkan dengan istiqamah, Insya Allah kita akan semakin beriman pada Allah. Iman yang semakin tembal akan menambah keyakinan kita pada Allah sehingga timbul sikap berani dan keteguhan iman dalam diri ita. AKhirnya, kita dapat terhindar dari gangguan setan baik itu setan jin maupun manusia.



1.Mohon Perlindungan kepada Allah

Allah berfirman, “Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf:200).

Selain itu, Adi Bin Tsabit meriwayatkan dari Sulaiman bin Shard, katanya, “Sungguh aku tahu ada kalimat sekiranya seseorang mengucapkannya, niscaya sirna sesuatu yang menggelisahkannya. Jika seseorang mengucapkan Ta’awudz.

2.Membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas

Kedua surat tersebut memang memiliki pengaruh yang dahsyat terhadap kejahatan dan gangguan setan. Diriwayatkan bahwa Rasulullah selalu membacanya setiap malam saat akan tidur.

3.Membaca Ayat Kursi

Mungkin anda ingat pada kisah yang diriwayatkan oleh Abu Hanifah saat beliau menjaga tugas tempat penyimpanan zakat Ramadhan. Ada pencuri yang mencuri ke gudang tersebut tiga malam beturut-turut. Pada malam pertama dan kedua, karena kasihan Abu Hurairah melepaskannya. Tapi pada malam ketiga Abu Hurairah bersikeras tak akan melepaskannya walaupun si pencuri memohon-mohon. Abu Hurairah berniat menghadapkan si pencuri pada Rasulullah. Tapi akhirnya Abu Hurairah melepaskannya juga karena si pencuri mengajari Abu Hurairah ayat Kursi. Belakangan diketahui bahwa si pencuri adalah setan yang menyamar.

Khasiat Ayat Kursi memang luar biasa. Disebutkan, bila ayat Kursi dibaca saat akan tidur, maka orang tersebut akan senantiasa dijaga oleh penjaga dari Allah dan tak akan didekati setan sampai pagi.

4.Membaca Surat Al-Baqarah

Rasulullah pernah bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya rumah yang didalamnya surat Al-Baqarah dibaca tidak dimasuki setan.”

5.Membaca Akhir Surat Al-Baqarah

Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah menulis satu kitab 2000 tahun sebelum menciptakan mahluk. Dia menurunkan darinya dua ayat yang dijadikan-Nya sebagai penutup surat Al-Baqarah. Tidaklah keduanya dibaca dalam suatu rumah tiga malam (berturut-turut) lantas setan menetap disana.”

6.Membaca Tiga Ayat Pertama Surat Al-Mukmin dan Ayat Kursi

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca tiga ayat pertama surat Al-Mukmin dan ayat Kursi di pagi hari, niscaya dia dijaga dengannya sampai sore. Dan barangsiapa membacanya disore hari, niscaya dia dijaga dengannya sampai pagi.”

7.Membaca bacaan berikut:

LAAILAAHAILLALLAAHU WAHDAHULAA SYARIIKALAH. LAHULMULKU WA LAHULHAMDU WAHUWA ‘ALAKULLI SYAIINKODIIR.

Bacaan tersebut dibaca 100 kali sehari, maka faedahnya adalah memerdekakan 10 budak, ditulis bagi pembacanya 100 kebaikan, dihapus darinya sepuluh keburukan, dan dia mendapatkan penjagaan dari setan sehari itu sampai sore.

8.Wudhu dan Shalat

Kedua hal tersebut merupakan perkara terbesar untuk membentengi diri dari setan, terutama saat diliputi amarah dan syahwat. Maka bila seseorang sedang bergejolak kemarahannya, berwudhulah dan shalatlah, maka kemarahan tersebut akan mereda.

9.Tidak Berlebihan dalam Pandangan, Bicara, Makan, dan Bergaul.

Seringkali setan dapat menguasai seorang manusia dari keempat pintu tersebut.

Pandangan merupakan pangkal fitnah, berlebihan dalam memandang dapat menimbulkan angan2, sibuk dengannya dan memikirkan cara untuk mendapatkannya.

Sedangkan, berlebihan dalam berbicara juga membuka semua pintu kejahatan bagi setan.Pada sebuah Hadits diceritakan bahwa manusia bisa diseret ke dalam neraka hanya karena buah ucapan mereka sendiri.

Berlebihan makan mendorong berbagai kejahatan. Perut kenyang memberikan kekuatan pada tubuh untuk berbuat maksiat dan memberatkan untuk berbuat baik. Banyak sudah kemaksiatan yang disebabkan perut terlalu kenyang, dan banyak pula ketaatan yang tidak bisa dikerjakan karena rasa malas yang ditimbulkan perut yang kenyang.

Terakhir, berlebihan dalam bergaul dapat menghilangkan nikmat adan menebarkan permusuhan, rasa dengki, iri, dan berbagai penyakit hati lainnya.

10.Memperbanyak Dzikir pada Allah SWT

Nabi te;lah menyampaikan lewat Hadits bahwwa seorang hamba hanya bisa menjaga hatinya dari godaan setan dengan berdzikir pada Allah. Jika seorang hamba mengingat Allah, maka setan akan menjauh dan begitu pula sebaliknya.

Sekian, semoga bermanfaat.

6 komentar:

Robbi Ibrahim F mengatakan...

mantapppp..

gilang mr mengatakan...

terima kasih aris...
tulisan yang mencerahkan... ^o^d

Gus Niam mengatakan...

Sangat Hasanah sekali kang...., ilmu tingkat tinggi ya kang, semoga bermanfaat untuk kita semua ya gan...., semoga kita selalu terjalin sillaturrahmi yang baik diantara kita. saya juga punya artikel menarik Seputar Dunia Gaib & Ilmu Gaib & Benda Pusaka Bertuah & Batu Bertuah & Alam Gaib

kLINIK oBAT mANJUR mengatakan...

mantab

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah salam berbagi

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah salam berbagi

Posting Komentar